Menuju Olimpiade 2011

Olimpiade ITB 2011 tinggal 11 hari lagi. Alhamdulillah kali ini persiapan tim basket HMIF sudah jauh lebih meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya. Untungnya kami mendapat jadwal tanding tanggal 3 Januari 2011, yang artinya kami punya waktu untuk mematangkan persiapan dan mengadu kesiapan dengan tim lain.

Pada sesi-sesi latihan sebelum ini, saya menambahkan beberapa variasi latihan, seperti latihan trap, intercept, bagaimana memanfaatkan screen, box-out, dsb. Ya, tim kami akan bermain sangat agresif nantinya baik dalam bertahan maupun menyerang. Dalam bertahan, kami akan banyak menggunakan trap & intercept untuk merebut bola, dibandingkan cara konservatif yang hanya menjaga musuh saat menembak. Saya rasa cara ini lebih tepat untuk tim HMIF yang lemah dalam hal rebound.

Untuk bertahan, kami sudah melatih sistem pertahanan 2-3 agresif, 1-2-2, serta 1-3-1 zone press. Tentu saja pertahanan 2-3 konservatif dan man-to-man pun masih kami kuasai. Sedangkan dalam menyerang, kami menggunakan sistem penyerangan equal opportunity dengan skema 2-3 yang jarang digunakan dalam tim sekelas kuliah. Menurut pengamatan dan pengalaman saya, sangat jarang tim di ITB yang menggunakan pola penyerangan yang baik. Kebanyakan mengandalkan kemampuan individu dalam bertarung secara 1 on 1. Dalam kasus tim kami, justru sebaliknya. Karena kemampuan individu pemain kami tidak ada yang benar-benar menonjol, di atas rata-rata iya, namun tidak benar-benar outstanding untuk level pemain universitas. Karena itu kali ini kami menggeber di sesi strategi untuk mengimbangi kekurangan kami tersebut.

Satu hal yang tidak bisa terlepas dalam mencari kemenangan, yaitu faktor keberuntungan. Selama saya berada di tim ini, hasil drawing tidak pernah memuaskan, alias selalu mendapat lawan yang berat. Namun saya tetap optimis. Toh pada akhirnya kami harus mengalahkan semua tim tersebut, tidak masalah musuh mana yang harus kami hadapi terlebih dahulu.

Akhir kata, olimpiade hampir tiba. Kami tim basket HMIF siap untuk mengharumkan nama HMIF di kancah perbasketan ITB. Walaupun saya sudah pensiun menjadi pemain dan sekarang mengemban amanah menjadi pelatih, semangat saya tidaklah pudar untuk permainan ini.
For the love of the game!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s