1-4 Quick Hitter Offense

Formasi 1-4 ini dirancang untuk tim yang mempunyai shooter mid-range dan long-range yang baik. Dengan strategi penyerangan ini kita bisa menyerang dengan sangat cepat dengan quick-shot sehingga membuat musuh terlambat mengantisipasi. Strategi ini pernah saya terapkan saat Home Tournament IF tahun 2010 pada angkatan saya yang kebetulan tidak ada pemain bigman untuk bermain inside. Pola ini juga saya terapkan pada tim basket putri karena sangat sederhana, dan membutuhkan pergerakan pemain yang minim.

Berikut ini formasi awal dari 1-4:

Pemain (1) sebagai point guard berada di wilayah point. Pemain (2) dan (3), sebaiknya pemain yang jago 3point shot, berada di posisi wing. Sedangkan pemain (4) dan (5) berada di depan masing-masing samping garis free-throw. Pemain (4) dan (5) membelakangi dan melakukan blocking pada defender X1 dan X2 sembari mengulurkan tangan ke atas untuk meminta operan.

Opsi-1: Double Cutter

Bola dioper kepada salah satu dari pemain di tengah, dalam contoh di bawah ini pada pemain (5). Begitu mendapat bola, (5) membalikkan badan menghadap ke ring dengan bola ditahan di atas (tanpa dribble maupun menurunkan posisi bola).

Begitu (5) mendapat bola, (2) dan (4) melakukan cutting ke arah ring. Bila X5 ketarik untuk menjaga (4) maka (5) mengoper ke (2), dan sebaliknya. Jika X5 tidak bergeming, bola dioper ke (2) yang lebih sedikit terjaga daripada (4).

Opsi-2: Wing

(1) mendribble bola ke salah satu sisi dan mengoper pada pemain sayap, pada contoh di atas pada (2). Di sini ada 3 kemungkinan:

  • X4 dan X1 tetap di posisi
  • X1 bergeser untuk menjaga (2)
  • X4 maju menjaga (2)

Untuk kemungkinan pertama, (2) tidak terjaga dan dapat melakukan tembakan 3point. Sedangkan bila X1 bergeser untuk menjaga (2), maka bola dioper kepada (5) yang cutting ke arah ring untuk mid-range shoot atau lay-up.

Sedangkan bila X4 maju menjaga (2), maka wilayah kiri dalam akan kosong.

(5) melakukan cutting ke wilayah yang tadinya dijaga X4. Bola dioper (2) ke (5). (5) mendapat mid-range open-shot.

Kemungkinan lainnya yaitu bila defender X1 ataupun X2 tidak dalam keadaan terblok (5) atau (4), yaitu posisi berada di samping atau di depan (5) atau (4). Pada contoh di bawah X1 berada di depan (5).

Bila demikian,(5) cukup cutting ke dalam bila dibelakangi X1 atau roll and cut ke dalam bila X1 berada di sampingnya. (1) memberikan lob pass melewati X1, (4) melakukan cutting ke ring, dan (5) langsung melakukan turn around shot. Bila X5 sigap dan langsung menjaga (5) maka (5) dapat mengoper pada (4) yang sedang melakukan cutting.

Beberapa opsi quick hitter lainnya yaitu (5) dapat bermain pick and roll bersama (4). Salah satu dari mereka melakukan pick sehingga salah satu terbebas untuk kemudian (1) mengoper pada pemain yang bebas. Pemain tsb langsung melakukan jump shot. Di sini kita bisa mendapat open shot yang cukup banyak karena efek kejutan dari cepatnya penyerangan.

Bila X1 dan X2 terblok dengan baik oleh (5) dan (4), maka (1) akan terbebas dari penjagaan. (1) dapat melakukan tembakan 3point dari wilayah point, ataupun dribble maju terlebih dahulu lalu melakukan jump shot 2point.

Advertisements

6 thoughts on “1-4 Quick Hitter Offense

  1. ket panah:
    – garis lurus: pergerakan pemain
    – garis putus-putus: pass
    – 1 panah 2 garis: shoot
    – garis belak-belok: dribble

    maaf baru baca 😀

  2. kalo yg X itu pemain yang defense,
    yang lingkaran pemain yang offense..

    No 1-5 itu no sesuai posisi:
    1 : point guard,
    2 : shooting guard,
    3 : small forward,
    4 : power forward,
    5 : center

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s