Blok Konten sebagai Strategi Pemasaran

Sambungan dari Komplain via Social Media

Sebagai customer, menurut saya pribadi, pop up seperti itu sangat tidak mengenakkan. Bayangkan saat seseorang membuka website saja sudah lama, masih disuruh menunggu setengah menit setiap kali mengakses konten. Perhatikan poin setiap kali mengakses konten, artinya setiap kita berpindah halaman, hal tersebut pun berulang kembali. Bagaimana dengan orang-orang yang tidak ingin berlangganan? Pasti sangat tidak nyaman dengan hal tersebut.

Tapi, bila kita lihat dari sisi bisnis, strategi tersebut justru sangat brilian. Dapat dilihat dari image yang diposting bang Denny berikut bahwa jumlah subscriber bernambah secara signifikan.

su4

Strategi seperti ini pernah saya temui di situs Fab.com. Saat pertama dibuka mereka membuka untuk umum dan orang dapat menikmati konten tanpa harus mendaftar. Suatu ketika, mereka menutup konten mereka untuk member dan hanya orang yang punya invitation yang dapat mendaftar menjadi member, walau kita dapat request invitation per 24 jam. Surprisingly, kepopuleran situs ini justru meningkat pesat, dan akhirnya mereka membuka kembali konten mereka kepada publik.

Akhir kata, strategi dengan mengeblok konten ini, menurut saya, dapat dibilang risky. Bila kepopuleran situs mengalahkan ketidaknyamanan yang harus dirasakan pengguna, maka situs tersebut pasti akan survive. Sedangkan bila sebaliknya, sekali lagi menurut saya, situs tersebut bisa saja mati.

Advertisements

4 thoughts on “Blok Konten sebagai Strategi Pemasaran

  1. […] Surprisingly, ternyata bukannya permohonan maaf atau ajakan mendaftar secara halus yang saya terima, namun balasan yang dapat dibilang cukup tegas atau assertive. Selain itu, bang Denny memberi sedikit bocoran mengenai hasil dari strategi pemasaran situs ini dengan cara memberi pop up seperti itu, nantinya akan kita bahas lebih lagi di post ini. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s